Tips Voli

Teknik Gerakan Servis Pada Permainan Bola Voli

Permainan Bola Voli selalu menyenangkan untuk dilakukan, entah bersama keluarga atau rekan-rekan. Permainan ini tidak hanya bertujuan untuk berolahraga, tapi juga untuk sekedar hiburan di sore hari atau saat week end.

Seperti diketahui, Permainan Bola Voli adalah permainan yang terdiri dari dua tim, dengan masing-masing tim berisikan enam orang. Nantinya, masing-masing orang dalam tim tersebut memiliki peranan yang berbeda-beda.

GERAKAN AWAL BOLA VOLI

Permainan Bola Voli selalu dimulai dengan gerakan Servis, dengan tujuan mengarahkan bola ke area tim lawan.

Gerakan Servis dalam Bola Voli bisa menggunakan tangan kanan sebagai pemukul atau tangan kiri, tergantung pemain itu sendiri lebih mudah menggunakan tangan yang mana.

TEKNIK GERAKAN SERVIS BAWAH DAN SERVIS ATAS

Yang jelas, Servis terdiri dari dua gerakan, yang pertama adalah gerakan servis bawah sedangkan yang kedua adalah gerakan servis atas.

Gerakan Servis Bawah

Gerakan pertama yang harus dilakukan para pemain adalah memegang bola dengan tangan kiri/kanan. Sedangkan, tangan yang lain siap untuk memukul. Kemudian, waktu bola dilepas dari tangan kiri sewaktu dilambungkan, ayunkan segera tangan kanan untuk memukulnya.

Gerakan Servis bawah ini dianggap sebagai gerakan servis yang sangat sederhana dan mudah dilakukan oleh pemain pemula. Hanya saja tetap ada tingkat kesulitannya.

Tingkat kesulitannya sendiri ada pada letak bagian tangan yang akan digunakan untuk memukul bola. Jika salah tempat, maka laju bola bisa melenceng dari sasaran.

Nah, Untuk mengatasi ini, tangan harus berada tepat di belakang bawah bola, sudut dorongan atau ayunan tangah memiliki sudut antara 30-45 derajat ke depan sehingga bola bisa melewati atas net.

Gerakan Servis Atas

Sedangkan gerakan servis atas adalah gerakan servis yang biasanya digunakan oleh pemain yang sudah senior atau berpengalaman. Teknik ini lebih sulit karena kita langsung melambungkan bola ke atas kemudian memukulnya dengan kencang menggunakan telapak tangan yang lain.

Servis atas bola voli juga dikenal dengan nama overhead serve. Teknik ini memiliki kesulitan pada bagian menentukan arah dan kecepatan agar bisa mengelabui lawan. Hanya saja, semua gerakan bisa dipelajari dengan mudah.

error: