Sejarah Awal Ditemukannya Olaharaga Voli
Fakta Voli

Sejarah Awal Ditemukannya Olaharaga Voli

Olahraga Voli adalah salah satu olahraga yang sangat mengasyikkan untuk dilakukan, entah bersama keluarga atau teman-teman. Meski tidak sepopuler Sepakbola atau Basket, tapi Voli tetap memiliki penggemarnya sendiri.

Selain di atas lapangan, olahraga ini juga bisa dimainkan di pantai atau disebut dengan Voli pantai, dengan jumlah personil yang lebih sedikit. Bicara tentang Voli, masih ada banyak hal yang tidak diketahui masyarakat mengenai olahraga yang satu ini termasuk bagaimana sejarahnya.

Ketika pertama kali diciptakano oleh seorang pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA tepatnya pada tanggal 9 Februari 1895 silam, olahraga ini bukan disebut dengan istilah Volleyball atau Voli, melainkan Mintonette.

Perlu diketahui YMCA sendiri adalah organisasi yang berdedikasi untuk mengajarkan ajaran-ajaran utama dari Umat Kristen kepada para pemuda. Organsisasi tersebut sudah berdiri sejak tahun 1886.

KOMBINASI DARI BEBERAPA JENIS PERMAINAN

Menurut informasinya, Morgan menciptakan olahraga Mintonette setelah bertemu dengan James Naismith yang merupakan pencipta olahraga basket. Bisa dikatakan, dia terinspirasi dari Olahraga Basket.

Hal itu juga tampak dari awal tercetusnya Mintonette yang hanya berbeda empat tahun dari terciptanya olahraga Basket oleh James Naismith.

Saat diperkenalkan pertama kali, Olahraga Mintonette sendiri diadopsi dari campuran beberapa jenis olahraga permainan seperti Bola Basket, Baseball, Tenis dan Bola tangan alias Hand Ball.

BERUBAH NAMA MENJADI VOLLEYBALL

Olahraga permainan ini baru berubah nama menjadi Volleyball atau Bola Voli sejak tahun 1986, atau lebih dari 90 tahun sejak mintonette ditemukan.
Berawal dari Dr. Luther Hasley Gulick yang meminta Morgan untuk melakukan demonstrasi permainan ciptaannya di Stadion Kampus dari YMCA itu sendiri.

Setelah Demonstrasi dilakukan, Morgan pun menjelaskan bagaimana sistem permainannya. Termasuk bahwa dalam satu pertandingan ada dua tim yang saling bertarung, masing-masing tim diisi oleh 5 orang pemain.

Dia juga menjelaskan bahwa permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Di saat yang bersamaan, permainan olahraga itu juga akhirnya berganti nama jadi Volleyball atau yang kita kenal dengan sebutan Bola Voli.

error: