William G. Morgan
Fakta Voli

Mengenal William G. Morgan, Bapak Penemu Olahraga Bola Voli

Berbicara tentang olahraga bola voli, apalagi tentang sejarahnya, tentu tidak terlepas dari sosok William G. Morgan. Dia dikenal sebagai sosok pencipta atau penemu olahraga ini.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Willian G. Morgan menciptakan olahraga bola voli ini karena terinspirasi dari 4 jenis permainan bola besar, yaitu bola tangan, bola tenis, bola basket dan baseball.

Bahkan, sebelum menciptakan olahraga tersebut William G. Morgan sempat bertemu dengan James naismith yang merupakan penemu atau pencetus olahraga bola basket.

Empat tahun setelah pertemuan tersebut, William G. Morgan pun menciptakan permainan atau olahraga bola voli, tepatnya pada tanggal 9 Februari 1985.

Willian G. Morgan sendiri lahir pada tanggal 23 Januari 1870 silam di Lockport, New York, Amerika Serikat. Saat remaja dia menempuh pendidikannya di YMCA (Young Mens Christian Association) di Kota Massachusets, New York, Amerika Serikat.

Tidak hanya menghabiskan masa remajanya disana, dia juga mengabdi untuk sekolah tersebut dan menjabat sebagai direktur di hari tuanya.

ALASAN MENCIPTAKAN OLAHRAGA BOLA VOLI

Faktor Usia juga jadi salah satu alasan dibalik penemuan olahraga bola Voli ini. Pasalnya, olahraga ciptaannya itu tidak terlalu memberatkan seperti bola basket. Morgan menjelaskan bahwa permainan ini bisa dilakukan pada indoor maupun outdoor.

Fakta menariknya adalah James Naismith yang menciptakan olahraga bola basket merupakan salah satu seniornya di Sekolah yang sama. Fakta itu juga yang membuat William G. Morgan termotivasi untuk menciptakan olahraga yang sama.

William G. Morgan baru menghembuskan nafas terakhirnya di tahun 1942 atau saat perang dunia kedua berkecamuk.

MENDAPATKAN BANYAK PENGHARGAAN

Semasa hidupnya, William G. Morgan pernah mendapatkan banyak penghargaan bergengsi. Dia juga pernah diundang sebagai tamu kehormatan di Spingfield Alumni Dinner sebagai seorang yang mewarnai olahraga di dunia sebagai pencipta bola voli.

Di samping itu, William G. Morgan juga mendapat penghargaan Hall of Fame dari Asosiasi Olahraga Voli Dunia di Massachusetts, Amerika Serikat.

error: