Fakta-Fakta Menarik Tentang Olahraga Bola Voli
Fakta Voli

Fakta-Fakta Menarik Tentang Olahraga Bola Voli

Olahraga Bola Voli adalah olahraga yang tergolong Fleksibel karena tidak hanya bisa dimainkan di dalam ruangan, tapi juga di luar ruangan seperti Voli Pantai.

TERINSPIRASI DARI BOLA BASKET

Faktanya, William G Morgan adalah pencipta dari olahraga ini, dimana dia terinspirasi untuk menciptakan olahraga tersebut setelah bertemu dengan James Naismith, pencipta permainan bola basket. Jadi, bisa dikatakan Bola Voli ini terinspirasi dari permainan bola basket.

Selain itu, ada beberapa fakta menarik lainnya tentang olahraga bola Voli yang jarang diketahui publik. Berikut diantaranya fakta-fakta tersebut.

FAKTA-FAKTA OLAHRAGA BOLA VOLI

1. Terpopuler Kedua Setelah Sepakbola

Mungkin, kedengarannya Bola Voli tidak lebih populer dibandingkan bola basket, namun kenyataannya olahraga yang satu ini berada di urutan ke-2 dalam daftar olahraga terpopuler dunia setelah Sepakbola.

Menurut data dunia, total ada 800 Juta Orang yang menghabiskan waktunya di tiap pekan untuk memainkan olahraga ini! Wow!

2. Nama Ihwal Bola Voli

Saat pertama kali diperkenalkan oleh William G. Morgan pada tahun 1895 silam, faktanya olahraga ini tidak langsung diberi nama Bola Voli, atau Volleyball.

Olahraga tersebut awalnya bernama Mentonette, selang beberapa tahun kemudian barulah olahraga ini berubah nama jadi bola voli.

3. Voli Pantai
Pada awalnya, olahraga ini bukanlah olahraga outdoor, alias hanya dimainkan dalam ruangan saja. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, orang-orang mulai sering memainkannya di luar ruangan.

Banyak dari mereka yang bermain di tepi pantai, dan akhirnya pada tahun 1930, tercetuslah olahraga Voli Pantai yang diakui secara resmi dan menjadi olahraga yang dilombakan.

Meskipun sama-sama menggunakan bola voli dan net, faktanya Voli Pantai hanya terdiri dari dua personil saja di masing-masing tim.

4. Kejuaraan Bola Voli

Kejuaraan voli dunia untuk laki-laki pertama kali diadakan pada tahun 1949. Kalau kejuaran voli dunia untuk perempuan pertama diadakan pada tahun 1952. Di tahun 1964, voli dijadikan salah satu olahraga Olimpiade.

5. Jumlah Lompatan

Dari rata-rata survei yang dilakukan, faktanya seorang pemain voli bisa melakukan lompatan sebanyak 300 kali dalam satu pertandingan saja!

error: