Berikut Perbedaan Voli Pantai Dengan Voli Lapangan
Fakta Voli

Berikut Perbedaan Voli Pantai Dengan Voli Lapangan

Menghabiskan akhir pekan tidak harus pergi liburan, apalagi di tengah-tengah pandemi seperti sekarang ini. Bermain Voli bersama keluarga atau rekan-rekan kerja sudah cukup melepas penat yang ada.

Bicara soal Voli, Olahraga ini cukup fleksibel, bahkan dalam taraf professional terbagi menjadi dua, yakni Voli Pantai dan Voli Lapangan.

LAPANGAN YANG BERBEDA

Sesuai namanya, voli lapangan dan voli pantai dilakukan pada lapangan permainan yang berbeda. Voli lapangan dimainkan di dalam ataupun di luar rapangan dengan lantai lapangan yang keras.

Sementara itu Voli pantai dimainkan di luar ruangan dengan media pasir sejenis pasir pantai, lebih sering memang dimainkan di pinggir pantai. Selain itu, ukuran dari kedua lapangan ini juga berbeda.

BEDA VOLI PANTAI DAN VOLI LAPANGAN

Tak hanya itu, ada juga beberapa perbedaan lain antara Voli Pantai dan Voli lapangan, berikut diantaranya:

1. Jumlah Pemain

Pada Voli Pantai, hanya ada dua orang dalam satu tim. Sedangkan Voli Lapangan, satu tim terdiri dari 6 Pemain, bahkan ada 4 pemain lain yang berperan sebagai cadangan.

2. Bola dan Net

Jenis Bola di kedua olahraga voli ini juga berbeda, Voli pantai punya bobot yang lebih ringan, lebih empuk dan ukurannya lebih besar. Selain itu, warna bola pada voli pantai biasanya lebih cerah.

Sedangkan ukuran net antara keduanya berbeda, Voli Pantai punya tinggi net yang lebih kecil dikarenakan ukuran lapangan yang juga lebih kecil.

4. Servis Bola

Olahraga Voli mewajibkan permainan dimulai dengan Servis, pada Voli lapangan, orang yang melakukan servis bergantian searah jarum jam. Namun untuk Voli Pantai, tidak ada aturan seperti itu, mengingat hanya melibatkan dua orang saja dalam satu tim.

5. Dimainkan Sebanyak Tiga Set

Voli pantai dan voli lapangan sama-sama dimainkan sebanyak 3 set. Perbedaannya, setiap set dalam permainan voli pantai dimainkan sebanyak 21 poin, sedangkan pada voli pantai hanya 25 poin.

Selain itu set ke 3 pada voli pantai pun hanya berlangsung sebanyak 15 poin.

error: